Teknik Membangun Backlink Kuat Dan Berkualitas

Tidak perlu lagi menjelaskan betapa pentingnya backlink untuk situs dalam hal SEO. Sementara Google dan mesin pencari lainnya masih ada, backlink selalu memainkan peran penting dalam meningkatkan peringkat situs web pada halaman hasil pencarian mesin pencari. Backlink adalah salah satu faktor terpenting dalam hal SEO.

Tentu saja kewajiban hukum untuk membuat backlink bagi blogger. Tapi bukan hanya umpan balik. Kualitas dan efisiensi adalah yang paling penting. Kualitas dan efektivitas backlink itu sendiri sering dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti sumber backlink, kuantitas, variasi, teks jangkar, dan banyak lagi.

Sumber backlink, variasi, dan anchor text tentu lebih penting daripada sekadar menemukan sejumlah besar backlink (angka). Angka tersebut tidak menjamin peringkat situs jika ternyata tautan baliknya berkualitas buruk. Selain itu, terlalu banyak angka juga dapat membuat spam situs web bermasalah. Ini akan menyebabkan penurunan peringkat situs di mesin pencari dan bahkan deindex.

Teknik Membangun Backlink Kuat Dan Berkualitas

  1. Menggunakan berbagai Anchor Text

Jika sebelumnya Anda menggunakan Anchor Text dengan cara yang sama seperti kata kunci target, sekarang ubah dengan mengubah Anchor Text tergantung pada merek, URL, dan varian kata lainnya. Memang beberapa tahun yang lalu, menggunakan Anchor Text dalam korespondensi yang tepat adalah populer dan selalu berfungsi, tetapi karena Google Panda dan Penguin metode ini tidak direkomendasikan karena dapat membuat masalah untuk situs Anda.

  1. Nofollow dan Dofollow rails

Sadar atau tidak, banyak blogger dan internet marketing sering meremehkan tautan nofollow dan hanya mencari tautan dofollow untuk memberi makan situs mereka. Namun pada kenyataannya, ada banyak situs yang menempati posisi baik di mesin pencari setelah mendapatkan cukup banyak backlink nofollow.

Dalam arti tertentu, tautan nofollow tidak akan memengaruhi peringkat halaman (karena peringkat halaman tidak diperbarui pada 2012, indikator yang digunakan hari ini adalah DA-PA MOZ) untuk situs web, tetapi masih akan berisi tautan. Anda bisa pelajari lebih dalam tentang seo, dengan cara kursus SEO Online. Banyak ilmu yang akan Anda peroleh dengan cara ini.

  1. Berbagai sumber backlink (Keragaman Tautan)

Fakta bahwa tautan balik dari .edu dan .gov memberikan nilai tinggi sangat baik untuk situs web, ini tidak berarti bahwa Anda hanya secara ambisi mencari tautan balik ini. Padahal, menyediakan berbagai backlink akan sangat penting bagi situs Anda untuk menjadi lebih “kuat” di mesin pencari. Bahkan, situs web akan mendapatkan posisi yang lebih baik di mesin pencari jika menerima tautan dari berbagai jenis situs web, dan bukan hanya dari satu sumber.

Untuk mencari backlink, maka bisa mengganti backlink Anda dengan membuatnya dari berbagai sumber, seperti Web 2.0 (Dummy Blog dengan blogger, weebly, WordPress.com, dan banyak lainnya.) Jejaring sosial, file web PDF, situs berbagi gambar, bookmark sosial, forum, dan sebagainya. Semakin banyak sumber backlink, semakin baik untuk situs Anda.

  1. Tautan balik dari sumber yang relevan

Sumber backlink bisa dari mana saja. Secara umum itu benar, tetapi jika Anda memerlukan backlink berkualitas tinggi, dan bukan hanya backlink, maka mulailah mencari sumber backlink yang relevan, karena tautan yang relevan ini sangat penting. Sumber yang relevan ini diasumsikan dari sumber situs web yang membahas topik mirip dengan situs web Anda.

Situs web yang terkait dengan SEO, blog, dan pemasaran internet, akan lebih baik jika situs ini menerima isi tautan dari situs yang membahas topik serupa. Demikian pula, jika situs Anda memiliki topik kesehatan, kecantikan, berita atau olahraga, cari situs dengan topik yang sama untuk mendapatkan backlink yang berkualitas dan relevan.

Relevansi tautan tidak hanya berlaku untuk situs web, tetapi juga konten. Persentase backlink dari suatu situs web atau konten dari situs lain yang relevan kurang lebih sebagai berikut:

  • 40% -80% situs web (Contoh situs web dengan niche SEO memiliki tautan ke startup atau bisnis online)
  • 70% – 90% dari konten (contohnya konten layanan SEO konten memiliki tautan ke “layanan hosting web”)
  1. Distribusi tautan ke situs tidak hanya untuk home page

Jangan hanya memberikan tautan ke beranda Anda, tetapi biasakan untuk mengirim tautan balik ke halaman lain dan konten di situs Anda. Banyak blogger hanya fokus pada penyediaan backlink ke beranda, sehingga tautan yang mereka terima tampak tidak wajar. Akan lebih baik jika Anda juga memberikan tautan ke halaman lain di situs Anda. Persentase distribusi tautan adalah seperti ini:

  • 20% – 50% untuk beranda
  • 50% – 80% untuk opsi halaman dan konten lainnya
  1. Waktu yang pas dan sesuai

Pencarian backlink harus dilakukan secara perlahan, tetapi secara bertahap agar spam tidak terlihat, tetapi wajar. Ada beberapa orang yang membuat 100 backlink dalam satu hari, tetapi tidak berburu di hari berikutnya sama sekali, dan menerapkannya per minggu atau sebulan kemudian. Jangan membuat backlink seperti orang yang mengejar setoran.

Jika Anda melakukan trik ini, yang terjadi bisa saja bukan meningkatkan posisi situs di mesin pencari, tetapi lebih pada penurunan posisi, deindex. Lakukan ini secara bertahap, tetapi secara berurutan, sehingga backlink yang dihasilkan tampak alami, tidak berlebihan.

Perhatikan juga usia situs yang Anda miliki. Jika usianya masih baru, Anda tidak boleh tergesa-gesa, karena itu normal jika domain baru masih memiliki backlink kecil. Jika dipaksakan, situs Anda mungkin dalam bahaya.

Sebenarnya, ada beberapa teknik lain untuk membuat backlink, namun 6 poin diatas sangat penting untuk menjadi panduan utama Anda dalam menemukan tautan link atau membangun backlink berkualitas dan kuat.

Last updated: January 4, 2020

Comments

No comments yet.
Comments are closed